Sudahkah Anda Mencintai Allah?

5 Desember 2009

Apakah anda pernah jatuh cinta? Apakah hati anda pernah terpikat oleh seseorang? Tentu saja hal itu pernah terjadi pada seluruh manusia normal yang pernah terlahir ke dunia. Namun tahukah anda apa itu cinta?
          Sahabat…
          Mengapa saya betanya seperti itu pada anda? Karena kita yang sekarang hidup di zaman modern ini sepertinya telah meninggalkan dan melupakan agama Allah dan syariat-syariatnya. Bagaimana tidak? Sepertinya seluruh belahan dunia tidak lagi menggunakan syariat Islam sebagai solusi hidup, tidak lagi menggunakan al-Qur’an dan al-Hadits sebagai landasan hidup.


          Tapi sebaliknya, umat manusia saat ini lebih senang menggunakan hokum-hukum kafir buatan manusia sebagai landasan hidup dalam bermasyarakat dan bernegara. Dan ketika ditanya mengapa tak menggunakan syariat Islam, mereka menjawab bahwa syariat Islam sudah tidak relevan lagi dengan keadaan zaman dan orang-orang sudah tidak lagi menyukai sistem yang seperti itu.  
          Padahal, di dunia ini ada milyaran umat Islam. Dan sudah seharusnya bagi seorang muslim menerapkan syariat Islam dalam kehidupannya.
          Mengapa saya berkata begini? Karena hal yang telah saya jelaskan di atas ada hubungannya dengan cinta kepada Allah.

          Loh, memang ada hubungannya? Tentu saja ada, dan bahkan saling berkaitan satu sama lain. Cinta kepada Allah itu hukumnya wajib dan mutlak bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Dan tahukah anda? Bahwa cinta kepada Allah itu harus dibuktikan dengan perkataan dan perbuatan kita sehari-hari, di setiap tempat, dan setiap waktu.
          Sahabat…
          Sebelumnya saya akan membahas dulu mengenai apa yang kita cintai.
          Salah satu orang bijak pernah mengatakan,
          “Sesuatu yang engkau cintai adalah sesuatu yang telah berhasil membuat akal pikiran anda terbang melayang mengikutinya. Sesuatu yang engkau cintai adalah sesuatu yang selalu engkau sebut-sebut namanya di hatimu” (Ibnu Abi Abdillah al-Buthani)
          Ya, jika anda mencintai sesuatu maka otomatis pikiran dan hati anda akan condong padanya. Dan pertanyaan saya sekarang: apakah anda telah mencintai Allah?
          Cinta kepada Allah yang sesungguhnya adalah mencintai seluruh yang dating dari Allah dalam segala hal, cinta akan kebenaran, membenci kekafiran dan kefasikan, dan mencintai seluruh syariat Allah.

          Sudah begitu banyak orang-orang yang sukses di dunia dan insya Allah selamat di akhirat karena cintanya kepada Allah. Mereka mencintai kebenaran, mereka mencintai ilmu yang bermanfaat. Mereka cinta akan pengorbanan hidup, mereka cinta akan berjihad. Diantara mereka ada yang bernama Umar bin Khattab, Ali bin Abi Thalib, Khalid bin Walid, Ibnu Sina, Jabir bin Hayyan, ar-Razi, Sayyid Quthb, dan masih banyak lagi.

          Dan sejarah telah membuktikan, bahwa seseorang yang hatinya telah jauh dari cinta kepada Allah atau bahkan membenci agama Allah menemui nasib yang begitu naas. Antara lain Fir’aun yang cinta akan kekuasaan, Qarun yang cinta akan harta, Abu Lahab, Mustafa Kemal Attaturk, Mirza Ghulam Ahmad, dan masih banyak lagi.
          Apa yang harus kita lakukan agar kita mencintai Allah?
1.     Melaksanakan seluruh perintah agama secara keseluruhan, tidak cacat sedikitpun, dan    tidak setengah-setengah.
2.    Mendahulukan perkara yang mengandung kemaslahatan bagi umat Islam dan agama Allah.
3.    Melakukan seluruh hal yang telah jelas hukumnya.
4.    Menjauhi seluruh yang hukumnya haram dan dapat menimbulkan fitnah dan yang tidak sesuai dengan syariat.
5.    Tidak mengada-ngada dalam beribadah.
6.    Selalu berdzikir kepada Allah.

Wallahu a’lam

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar